Cara rigging objek sederhana pada Blender 3D

Selamat datang di Allutas.


          Pada tutorial kali ini penulis akan membahas mengenai proses memberikan penulangan dan rigging yang sederhana pada objek yang sederhana  menggunakan aplikasi Blender 3D. Melakukan rigging sebenarnya cukup mudah, sobat , Sobat hanya harus melakukan itu dengan teliti dan harus mengetahui caranya.
Langsung saja ke tutorialnya,  

1.       Masuk ke objek mode.




2.       Tekan “ Shift +A “ à ArmatureàSingle bone.



3.       Setelah diklik single bone maka akan muncul satu tulang , agar tulang tersebut terlihat pada saat sudah diposisikan pada objek klikà objek data àx-ray.




4.       Posisikan tulang tersebut pada bagian tengah objek.


5.       Setelah tulang diposisikan ,masuk ke “ Edit mode “, untuk melakukan pengeditan pada tulang/bone.



6.       Untuk menambah jumlah tulang cukup dengan meng extrude tulang dengan cara klik “ E “ lalu tarik tulang sekaligus memposisikannya.



7.       Lakukan hal serupa hingga seluruh bagian tubuh objek mempunyai bone.
      


8.       Jika posisi bone belum sesuai ,sesuaikan karena dengan posisi yang sesuai (di dalam tubuh objek) proses riggig akan menjadi lebih mudah.

 


9.       Setelah posisi sesuai masuk ke “ Objek mode “.



10.   Pada objek mode klik objek dan bone dengan cara klik objek à shift+klik bone.


11.   Masuk edit mode, lalu klik “ A “.



12.   Kemudian pilih “ Pose mode “ klik pada tulang dan tekan “ Ctrl+ P àpilih with automatic weight.




13.   Maka objekpun sudah bisa digerakkan ,untuk menggerakan objek klik tulang kemudian drag lalu tarik/geser sehingga objek bergerak.


      Demikian Tutorial kali ini semoga bermanfaat dan selamat bekerja.

  komentar sobat  untuk saran dan masukan sangat dibutuhkan.

     Jangan lupa buka artikel allutas yang lain yaa..!!
terimakasih


Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Cara Mengubah Warna Baju/Kaos Pada CorelDRAW

Perangkat keras (Hardware) utama dan pendukung pada komputer lengkap