Perangkat keras (Hardware) utama dan pendukung pada komputer lengkap


Selamat datang di ALLUTAS

Pada pertemuan kali ini penulis akan membahas mengenai perangkat keras
(Hardware) pada komputer.

Perangkat keras (Hardware) adalah perngkat pada komputer yang dapat dilihat dan disentuh secara langsung.

  Pada dasarnya perangkat keras pada komputer dibedakan menjadi 2, yaitu peripheral utama dan pheripheral pendukung.

A. Pengertian Peripheral utama dan Peripheral pendukung.

     ~ Peripheral utama adalah sebuah perangkat yang wajib ada di dalam sebuah personal komputer.Artinya jika dalam suatu PC tidak terdapat sebuah atau beberapa peripheral utama , maka itu akan mengganggu kinerja bahkan melumpuhkan kinerja komputer.

     Sedangkan, peripheral pendukung merupakan sebuah perangkat yang tidak harus ada dalam pengoperasian personal komputer ,yang artinya jika dalam sebuah PC tidak terdapat satu atau beberapa peripheral pendukung ,maka hal itu tidak akan mengganggu kinerja dari komputer.

B. Macam - macam Peripheral dalam personal komputer.

      ~ Peripheral utama

  1). Keyboard

            Keyboard merupakan unit input yang paling penting dalam suatu pengolahan data dengan komputer.Keyboard berfungsi untuk memasukkan huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media bagi user untuk melakukan perintah - perintah lain yang diperlukan, diantaranya menyimpan, membuka, mengirim file.

  2). Mouse

           Mouse adalah unit input yang berfungsi untuk memindahkan pointer atau kursor secara cepat, dan sebagai perintah praktis dan cepat dibanding keyboard. Mouse umumnya terdiri dari tiga tombol, yaitu tombol kiri, tombol kanan, dan tombol scroll dibagian tengah.

  3). Monitor

             Monitor komputer merupakan unit output dan salah satu jenis soft-copy device, karena keluarannya berupa sinyal elektronik, dalam hal ini adalah berupa gambar yang tampil di layar monitor. Gambar yang tampil merupakan hasil pemroseaan data ataupun informasi masukan. Monitor memiliki berbagai macam ukuran layaknya televisi.

  4). Processor

            Processor disebut juga sebagai otak komputer, semakin bagus tipe processor maka semakin bagus kinerja komputer, dan semakin mahal pula harga komputer, maka processor disebut sebagai inti komputer. Fungsi dari processor adalah untuk memproses semua kegiatan yang dilakukan komputer, yang direquest user. Processor terbuat dari suatu chip yang sangat kecil, suatu bahan semi konduktor yang mengandung sejumlah komponen transistor dengan ukuran mikroskopik. Mempunyai dua bagian penting untuk berjalannya komputer yaitu unit konrol (Unit Control)
 Dan unit Aritmatika - Logika
(Aritmatic and logic unit atau ALU).

  5). Motherboard

            Motherboard adalah papan sirkuit tempat berbegai macam komponen elektronik saling terhubung seperti pada PC atau Macintosh dan biasa disingkat dengan kata mobo.

  6). RAM

            RAM (Random Access Momory) adalah memori utama komputer yang berfungsi untuk membaca dan menuliskan data. Kartu memory adalah kartu yang berfungsi sebagai disk tambahan atau disk alternatif dalam komputer. Disebut juga sebagai IC Card, ROM Card, atau RAM Card, karena menggunakan berbagai macam variasi chip seperti RAM, ROM, EEPROM, dan Flash Memory.

  7). CMOS

            CMOS (Complementary Metal Oxide Semiconduktor) merupakan komponen berbentuk IC (Integrated Circuit) yang berfungsi menampung setting BIOS dan dapat tetap menyimpan settingannya selama baterai yang memberikan daya masih bagus.

  8). Konektor Casing

            Konektor Casing berfungsi untuk menyambungkan tonbol/saklar dan indicator pada casing ke motherboard. Pada motherboard yang berbasis pentium 4,dosertakan pula sebuah port konektor tambahan sebesar 12 Volt agar processor bisa bekerja.

  9). Power Supply

            Power Supply adalah perangkat yang menentukan apakah komputer dapat menyala.Fungsi dari Power Supply adalah untuk mengalirkan listrik ke setiap bagian komputer agar dapat bejalan sesuai fungsinya.

  10). Harddisk

           Harddisk adalah komponen perangkat keras yang menyimpan data sekunder dan berisi piringan magnetis.Harddisk pertama kali diciptakan oleh insinyur IBM, Reynold Johnson di tahun 1965, yang terdiri dari 50 piringan berukuran 2 kaki (0,6 meter) denga kecepatan rotasi mencapai 1.200 rpm (rotation per minute) dengan kapasitas 4,4 MB.Harddisk saat ini tentunya sudah sangat berkembang jauh dari ukuran hingga kapasitasnya.

  11). Kipas (pendingin)

         
           Fan atau Kipas adalah salah satu komponen  yang dipasang pada bagian komputer yang berfungsi untuk mengurangi atau menghilangkan panas dari sebuah komputer.

  12). VGA Card

           VGA (Video Graphics Accelerator), berfungsi untuk mengolah data grafis dan ditampilkan ke layar monitor.

   13). Sound card

          Sound card merupakan komponen yang ada dalam komputer yang fungsinya untuk menunjang fungsi suara dalam pc multimedia.

  14). CD ROM

          CD ROM Merupakan komponen dalam komputer yang berfungsi untuk menuliskan data dan program melalui media CD (Compact Disk). Alat ini didesain mampu menuliskan dan membaca data atau program melalui sistem optik.

  15). Floppy Disk

           FloppyDisk adalah komponen dalam komputer yang fungsinya sebagai media tambahan untuk menyimpan atau menuliskan data ke dalam disket, maupun sebaliknya, umumnya memiliki ukuran 3,5 inchi.



     ~ Peripheral Pendukung

  1). Printer

           Printer adalah komponen output atau keluaran yang memproduksi keluaran data berbentuk cetak, berupa teks maupun gambar/grafis.

  2). Compact Disk

            Compact Disk merupakan media penyimpanan eksternal tambahan yang berbentuk cakram. Proses penyimpanan dan pembacaan data menggunakan sistem optik.

  3). Scanner

           Scanner adalah alat bantu untuk memasukkan gambar atau grafis yang berupa hardcopy  ke komputer dengan mengubahnya ke dalam bentuk digital.

  4). USB Flashdisk

           USB Flashdisk merupakan media penyimpanan data eksternal yang paling populer karena memiliki kapasitas yang besar dan dapat dibawa kemana mana.

  5). Speaker

           Speaker disini memiliki pengertian yang sama dengan speaker pada umumnya, Speaker adalah transduser yang mengubah sinyal elektrik ke frekuensi audio (suara) dengan cara menggetarkan komponennya yang berbentuk selaput.




      Itulah berbagai macam macam peripheral utama dan pendukung yang dapat penulis sampaikan kepada sobat. Apabila terdapat bayak kesalahan maupun kekeliruan mohon maaf serta kritik dan sarannya melalui kolom komentar.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi sobat pembaca pada umumnya dan saya pribadi.

     Tunggu artikel penulis berikutnya jangan lupa komentar untuk kritik dan sarannya.

Terimakasih



Selamat Belajar

Comments

Popular posts from this blog

Cara rigging objek sederhana pada Blender 3D

Cara Mengubah Warna Baju/Kaos Pada CorelDRAW